PERUMAHAN DAN LINGKUNGAN HIDUP DESA JANTEH


Masyarakat Madura merupakan salah satu masyarakat yang sangat menjunjung tinggi nilai kekerabatan antar masyarakat. Salah satunya yang terdapat di Desa Janteh, Kecamatan Kwanyar, Kabupaten Bangkalan. Bukti bahwa masyarakat Madura khususnya Desa Janteh sangat menjunjung tinggi kekerabatan dapat dilihat dari segi pemukiman dan lingkungan hidup yang mereka terapkan dalam bentuk pola Tanean Lanjhang. Tanean Lanjhang secara bahasa berarti “halaman panjang”. Tanean Lanjhang merupakan pemukiman tradisional masyarakat Madura yang terdiri dari beberapa rumah dalam satu pekarangan dan masih dalam satu ikatan keluarga. Tidak hanya terdiri dari satu rumah saja, melainkan terdiri dari 2 hingga 10 rumah dengan dilengkapi beberapa musholla, kandang ternak, dan halaman yang sangat luas.
Hampir sebagian besar warga atau masyarakat Desa Janteh menerapkan pola Tanean Lanjhang sebagai budaya asli masyarakat Madura yang tidak hanya berfungsi sebagai tempat tinggal, melainkan sebagai simbol dan gambaran bahwa masyarakat Madura khususnya Desa Janteh masih sangat menjunjung tinggi kekerabatan antar masyarakat.
Infrastruktur yang terdapat di Desa Janteh, Kecamatan Kwanyar, Kabupaten Bangkalan terbilang cukup memadai, antara lain:
1. Balai Desa
Desa Janteh memiliki sebuah balai desa yang digunakan sebagai tempat pertemuan warga beserta perangkat desa. 
2. Jalan
Jalan merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting bagi warga desa Janteh untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Jalan di Desa Janteh sendiri sudah sangat baik. Tidak hanya itu, ketika memasuki Desa Janteh disekelilingnya dikelilingi oleh hamparan sawah.
3. Gedung TK/PAUD
Desa Janteh memiliki tiga bangunan TK/PAUD yang mudah dijangkau oleh warga untuk menyekolahkan anak-anak mereka.
4. Gedung SD/MI
Tidak hanya bangunan TK/PAUD saja, Desa Janteh juga memiliki 2 bangunan SD/MI yang letaknya bersebelahan dan dekat dengan pemukiman warga.
5. Madrasah
Desa Janteh memiliki beberapa madrasah yang lokasinya sangat mudah dijangkau dan strategis. Beberapa madrasah yang ada di Desa Janteh memiliki banyak murid yang belajar di madrasah tersebut.
6. Masjid/Musholla
Di Desa Janteh semua warga beragama Islam sehingga terdapat masjid/musholla sebagai tempat ibadah. Desa Janteh memiliki tiga bangunan masjid/musholla yang lokasinya cukup strategis ditengah-tengah pemukiman warga sehingga warga dapat dengan mudah beribadah di masjid tersebut. Tidak hanya itu, bangunan musholla rata-rata bersebelahan dengan rumah warga dimana warga tersebut sebagai pemiliknya.
7. Posyandu
Desa Janteh memiliki sebuah posyandu yang bernama Posyandu Dahlia yang didalamnya sudah tersedia perlengkapan-perlengkapan yang cukup memadai.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar