KESEHATAN


       Kesehatan adalah hal yang paling penting dalam kehidupan. Dari segi kesehatan, di Desa Janteh ini ternyata masih minim yang mengetahui akan pentingnya kesehatan. Seperti halnya imunisasi, kebanyakan warga yang ada di Desa Janteh ini masih takut untuk melakukan imunisasi karena menurut mereka terutama menurut ibu-ibu yang kurang mengetahui akan kesehatan, imunisasi hanya bisa membuat badan anak menjadi panas bahkan sampai sakit. Masih minimnya pengetahuan dan kesadaran akan pentingnya imunisasi sejak balitainilah sehingga para ibu enggan melakukan imunisasi.
       Berbicara tentang imunisasi, akibat dari seorang anak yang tidak di imunisasi akan menyebabkan seorang anak tersebut mudah terserang penyakit dikarenakan kekebalan tubuhnya yang sangat lemah. Berbicara tentang penyakit, biasanya seorang anak yang tidak di imunisasi itu akan terserang penyakit Difteri, penyakit Difteri adalah infeksi yang menular yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium. Biasanya penyakit difteri ini tidak hanya menyerang anak kecil, akan tetapi bisa menyerang sampai usia 60 tahun.
       Tidak hanya itu, fasilitas kesehatan atau posyandu yang ada di Desa Janteh sempat mengalami vakum untuk sementara waktu karena bidan desa sedang cuti dan akhirnya mengundurkan diri. Setelah beberapa lama vakum, akhirnya posyandu di Desa Janteh mulai aktif kembali dengan kehadiran bidan yang baru serta merekrut kader-kader kesehatan yang profesional dalam rangka mewujudkan Desa Janteh yang lebih baik dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan.

1 komentar: