DEMOGRAFI


        Desa Janteh berada pada ketinggian 6 meter diatas permukaan laut serta mempuyai luas wilayah 420,47 hektar. Dengan jarak tempuh sekitar 2 km kearah utara dari kantor kecamatan atau sekitar ±25 km atau 1 jam perjalanan dari kota Bangkalan menuju ke lokasi Desa Janteh Kecamatan Kwanyar. Batas wilayah Desa Janteh sebelah utara berbatasan Desa Sumur Koneng, sebelah selatan berbatasan dengan Desa Pesanggrahan, sebelah barat berbatasan dengan Desa Dlemmer dan sebelah timur berbatasan dengan Desa Paoran.

Batas Wilayah Desa
Letak Geografi Desa Janteh, terletak antara:
Sebelah Utara: Desa Sumur Koneng Kec. Kwanyar
Sebelah Selatan: Desa Pesanggrahan Kec. Kwanyar
Sebelah Barat: Desa Dlemmer Kec. Kwanyar
Sebelah Timur: Desa Paoran Kec. Kwanyar












Pembagian Wilayah
Desa Janteh terdiri dari 6 Dusun, yaitu:
Dusun Mandala
Dusun Janteh Timur
Dusun Duko
Dusun Janteh Selatan
Dusun Janteh Barat
Dusun Janteh Tengah










Desa Janteh, Kecamatan Kwanyar, Kabupaten Bangkalan memiliki luas wilayah sebesar 3,00 km2, dengan jumlah rumah tangga sebanyak 599 dan penduduk sebanyak 2.525 jiwa.Adapun jumlah penduduk Desa Janteh terdiri dari penduduk laki-laki sebanyak 1.278 jiwa dan penduduk perempuan sebanyak 1.247 jiwa dengan jumlah kepala keluarga sebesar 610 orang (Rekapitulasi Data Kependudukan Kecamatan Kwanyar, Desember 2018).
Dalam hal ketenagakerjaan, masyarakat Desa Janteh umumnya bermata pencaharian sebagai petani, peternak dan pedagang. Petani di Desa Janteh ada yang bekerja di lahan sawah milik orang lain (buruh tani) dengan jumlah 602 orang dan petani yang bekerja di lahan sendiri berjumlah 320 orang. Para petani Desa Janteh rata-rata mengolah lahan pertanian mereka dengan hasil pertanian berupa jagung, padi, kacang tanah dan singkong. Selain bekerja sebagai petani, terdapat pula warga Desa Janteh yang bekerja sebagai peternak dengan memelihara sapi, kambing, bebek, ayam, dan burung dara. Kemudian, warga Desa Janteh juga ada yang bekerja sebagai pedagang yang berjumlah 100 orang dimana mereka menjual hasil pertanian mereka ke pasar ataupun membuka warung-warung di depan rumah. Tidak hanya itu, ada pula yang bekerja sebagai swasta, tukang, sopir, guru, serta bidan dan perawat. Dari mata pencaharian yang mereka lakukan inilah, warga Desa Janteh menggantungkan perekonomiannya untuk memenuhi kebutuhan hidup.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar