PETERNAKAN


a.      Sapi 

Desa Janteh merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan. Sebagian besar warga Desa Janteh bermata pencaharian sebagai petani selain itu, warga Desa Janteh juga banyak yang beternak, salah satu hewan ternak yang banyak di pelihara warga Desa Janteh adalah sapi. Sapi banyak dipelihara warga Desa Janteh karena pada musim kemarau warga desa tidak bercocok tanam dikarenakan sawah yang dimiliki tadak dapat ditanami karena kekurangan air. Maka dari itu warga banyak memelihara sapi untuk dijual kembali ketika sapi sudah besar untuk menjaga perekonomian. Selain itu sapi yang dipelihara tidak hanya dibesarkan lalu dijual tetapi, terdapat warga Desa Janteh yang mengembang biakan sapi mereka.

Hampir 20% warga Desa Janteh memelihara sapi dengan rata-rata minimal 2 ekor perkeluarga.Warga biasanya memanfaatkan sapi mereka dengan membawa sapi keladang untuk membajak sawa selain itu kotoran dari sapi dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik. Pupuk organik yang dihasilkan adalah pupuk basa untuk tanaman padi dan pupuk kering (kotorang sapi yang dicampur dengan abu) untuk tanaman jagung maupun kacang. Jumlah sapi yang dipelihara di Desa Janteh sekitar 26 ekor lebih.

b.      Kambing

      Sektor peternakan di Desa Janteh, Kwanyar selain hewan peliharaan berupa sapi juga terdapat kambing. Kambing dipelihara oleh warga sekitar biasanya bersamaan dengan sapi dan menjadi hewan peliharan minoritas di Desa Janteh. Diantara semua sektor pertanian yang ada, kambing paling sedikit dipelihara oleh warga. Kebanyak kambing dipelihara hanya untuk menambah investasi selain sapi.

Kambing disini kebanyakan dipelihara untuk dijual kembali oleh warga. Masing masing rumah paling tidak dapat memelihara 2-5 ekor kambing di dalam setiap kandang. Jumlah kambing di Desa Janteh sekitar 43 ekor. Untuk sumber pakan hewan ternak disini juga memanfaatkan rumput-rumput liar yang tumbuh disekitar sawah-sawah warga.

c.       Bebek

     Desa janteh adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangakalan. Tepatnya di Timur jembatan Suramadu. Desa yang sangat asri ini banyak sekali warga yang berwirausaha di sektor peternakan terutama ternak bebek. Di Desa Janteh ini ada sekitar kurang lebih 15 orang peternak bebek. Setiap orang rata-rata memelihara bebek sekitar kurang lebih sekitar 50-100 ekor bebek. Untuk 100 ekor bebek biasanya menghasilkan kurang lebih 90 telur/hari. Per telurnya di jual seharga Rp.2500, telur akan di ambil oleh penjual sekitar satu minggu setelah telur dikumpulkan hingga 650 telur untuk 100 ekor bebek.

Walaupun tidak dapat dipungkiri bahwa di Desa Janteh masih banyak masyarakat yang di bawah garis kemiskinan, namun warga Desa Janteh  terus berusaha semaksimal mungkin untuk lebih giat dan selalu membangun Desa Janteh ini sehingga mampu mensejajarkan diri dengan desa-desa lain di Kecamatan Kwanyar. Hal ini bisa dilihat dengan adanya keseriusan Desa Janteh untuk selalu meningkatkan perekonomian khususnya di sektor peternakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar