PERTANIAN


a.      Jagung
 
Tanaman Jagung merupakan salah satu tanaman pokok yang menjadi hasil tani dari lahan sawah yang ada di desa Janteh, kecamatan Kwanyar. Para petani desa Janteh menjadikan Jagung sebagai hasil pokok pertanian setelah padi dan kacang. Daerah Madura biasanya mempunyai jenis jagung sendiri yakni jagung Madura yang memiliki bonggol dan jagung yang relatif lebih kecil dari pada jagung di daerah Jawa. Sedangkan di Desa Janteh kebanyakan warga menanam jagung dengan varietas jagung Jawa yang relatif lebih besar.

b.      Padi

Warga Desa Janteh menjadikan tanaman padi menjadi salah satu tanaman hasil bercocok tanam di sawah. Para petani desa Janteh menjadikan padi sebagai hasil tani utama yakni pada musim penghujan karena, ketika mulai musim kemarau sawah di Desa Janteh mengalami kekeringan. Luas lahan sawa Desa Janteh yang dijadikan untuk menanam padi sekitar 154 ha.

c.       Kacang

Kacang tanah merupakan salah satu tanaman yang menjadi hasil tani dari lahan sawah yang ada di desa Janteh, kecamatan Kwanyar. Para petani desa Janteh menjadikan kacang tanah sebagai hasil tani utama untuk ditanam sebagai alternatif pengganti tanaman padi ketika memasuki musim kemarau, sebab  lahan sawah yang berada di wilayah desa Janteh mengalami kesulitan dalam hal irigasi dikarenakan keterbatasan sumber air yang ada. Beberapa lahan milik warga sudah memiliki sumur tersendiri untuk cadangan air ketika memasuki musim kemarau sehingga masih bias di tanami padi sebagai tanaman utama, namun bagi warga yang lahan sawahnya tidak memiliki sumur sebagai sumber air ketika musim kemarau maka kacang tanah menjadi alternatif untuk di tanam sebab kacang tanah membutuhkan sedikit air dalam proses penanaman hingga panen. 

Hasil panen kacang tanah dari desa Janteh di manfaatkan dengan beberapa macam, pertama hasil panen di jual langsung ke tengkulak-tengkulak yang sudah ada dengan sistem borongan atau per petak tanah sawah yang siap panen, yang kedua hasil panen kacang di olah terlebih dahulu untuk dijual kembali sehingga memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi, yang ketiga hasil panen kacang tanah sebagian di olah untuk di konsumsi sendiri. Kacang tanah di desa Janteh bias di bilang sebagai tanaman sekunder selain jagung dan singkong yang mampu membantu perekonomian masyarakat yang bekerja sebagai petani.

Berikut adalah data luas lahan dan hasil produksi kacang tanah yang mampu di hasilkan dari lahan sawah desa Janteh yang di tanami kacang:

JENIS TANAMAN
LUAS LAHAN (Ha)
HASIL PRODUKSI (Ton/Ha)
KACANG TANAH
27,00
36,54

Berikut adalah data nilai jual kacang tanah hasil produksi lahan sawah desa Janteh yang di tanami kacang tanah:

JENIS TANAMAN
SATUAN (karung/Ha)
HARGA JUAL
KACANG TANAH
1 karung
    Rp.      150.000,00
KACANG TANAH
1 hektar tanah
Rp. 15.000.000,00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar